Pendidikan dan Pelatihan Lacak Balak

Sertifikasi hasil hutan salah satunya Sertifikasi Lacak Balak sudah menjadi tuntutan pasar global, utamanya untuk pasar Eropa dan Amerika. Guna menyiapkan unit management menghadapi Era Ecolabeling  di Wilayah propinsi Kalimantan Selatan. BSPHH Wilayah XI Banjarbaru berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 0193.0/29.03.0/XVIII/2006 tanggal 11 Desember 2005 tentang Persetujuan DIPA BSPHH Wilayah XI tahun 2006 melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Lacak Balak / Chain of Custody (COC) mulai tanggal 29 Mei 2006 s/d 06 Juni 2006.

Acara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan COC dibuka oleh Direktur Bina Iuran dan Peredaran Hasil Hutan (Bp. Ir. Bambang Edi Purnomo) bertempat di BSPHH Wilayah XI dan wajib untuk kegiatan belajar bertempat di Wisma Yulia Jl. Mentri 4 Martapura. Sedangkan untuk acara penutupnya oleh Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Selatan (Bp. Ir. Sony Portono, MM).

Peserta Pelatihan sebanyak 29 orang berasal dari Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Selatan/ 13 Kabupaten/ Kota yang diserahi tugas di bidang Kehutanan dan1orang dari Balai Diklat Kahutanan Samarinda. Adapun tenaga instruktur berasal dari :

1. Direktorat Bina Iuran dan Peredaran Hasil Hutan

2. Direktorat Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan

3. Sucofindo

4. Lembaga Ecolabeling Indonesia

Dengan adanya Pelatihan tersebut diharapkan bagi Dinas Kehutanan di Wilayah Propinsi Kalimantan Selatan untuk dapat menjadi Fasilitator Unit Management di wilayahnya masing-masing guna mempersiapkan unit usahanya menghadapi Era Ecolabeling.